Monday, 18 September 2017

Cek Harga Handphone Xiaomi Mi A1 (Android One)

Cek Harga Handphone - Sudah pasti kamu hafal, bulan yang lalu Xiaomi meluncurkan Handphone yang memiliki dua kamera versi terjangkau, adalah Mi 5X yang secara khusus untuk pasar Cina. Sekarang, gantian saudara sejenisnya, Xiaomi Mi A1, yang datang secara resmi dengan jangkauan sangat luas ke semua negara.
Walaupun spesifikasi dalemannya, bentuk, dan fitur yang datang pada Xiaomi Mi A1 dan Xiaomi Mi 5X hampir mirip, Tetapi keduanya sangat beda dari segi sistem operasi, khususnya UI yang ditanam. Xiaomi Mi 5X datang dengan MIUI 9 hasil modifikasi Android 7.1.1 Nougat, sedangkan Xiaomi Mi A1 murni stock Android 7.1.2 Nougat.

Yang mesti ditanyakan adalah, kenapa Xiaomi merilis Mi A1 dengan sistem operasi murni Android Nougat? Ya! Handphone ini datang sebagai penanda kerjasama Xiaomi dengan Google untuk mendatangkan Android One.

Seperti sudah sedikit disinggung, Xiaomi Mi A1 adalah Handphone Android One yang dihasilkan dari kerjasama Xiaomi dengan Google. Kembali kebelakang, proyek Android One sendiri adalah buah pemikiran Google untuk menciptakan handphone android dengan harga yang murah.

Tidak hanya menyajikan Handphone android dengan harga murah, Google pada saat merilis proyek ini berjanji untuk menanamkan hardware yang bagus. Selain itu, Handphone Android One datang untuk dipasarkan di negara-negara berkembang, seperti India dan Indonesia.

Kemudian, apa daya tarik yang lain dari Handphone Android One? Salah satu yang dijanjikan oleh Google menyangkut dengan proyek tersebut merupakan pengawasan langsung. Dalam arti, Google tidak main-main untuk terus mengamati, terutama menyangkut dengan kualitas handphone android yang dihasilkan.

Yang lain, Google berjanji update system operasi Android kedepan selama 2 tahun semenjak Handphone Android dirilis. Dapat dikatakan, Handphone Android One akan memperoleh update Android terbaru lebih ngebut dan lebih prioritas.

Awalnya, untuk menjadikan Handphone Android One, Google merangkul pembuat handphone di negara-negara setempat. Contohnya, di Indonesia rajanya teknologi asal Mountain View ini menggandeng 3 pembuat handphone android lokal, adalah Evercoss, Mito, dan Nexian.

Patut disayangkan, beberapa tahun lalu proyek Android One tidak begitu kedengeran, sampai akhirnya timbul Xiaomi Mi A1 yang diluncurkan awal September 2017  kemarin. Tidak untuk di pasar India saja, Xiaomi dan Google akan memboyong Xiaomi Mi A1 ke berbagai negara, diantaranya Indonesia.

Cek Harga dan Spesifikasi Handphone Xiaomi Mi A1 (Android One)

Dual Kamera 12 Megapixel

Xiaomi Mi A1 dirancang benar-benar mirip dengan Xiaomi Mi 5X. Handphone Android ini membawa dua kamera belakang 12 Megapixel wide angle + 12 Megapixel telephoto. Dapat dikatakan, inilah Handphone Android One pertama yang membawa dua kamera.

Tidak ada bedanya dengan handphone android lain yang membawa dua kamera, Xiaomi Mi A1 bisa menciptakan foto bokeh secara langsung. Malahan, Xiaomi yang diberi tanggung-jawab untuk menciptakan Handphone Android ini berani tidak sungguh-sungguh.

Pada seiring waktu perilisan Xiaomi Mi A1 di India, Xiaomi secara langsung membuktikan kekuatan dua kamera yang terpasang pada Xiaomi Mi A1. Efek bokeh yang dihasilkan diklaim oleh Xiaomi bisa menandingi foto-foto yang dihasilkan oleh Handphone android kelas unggulan, diantaranya OnePlus 5 dan iPhone 7 Plus.

Untuk tambahan fotografinya, dua kamera belakang ini membawa fitur PDAF dan tentunya dua tone LED flash, Tetapi kurangnya OIS. Sementara, kamera depan hanya mempunyai resolusi 5 Megapixel plus aperture f/2.0 serta dukungan fitur Beautify.

Tenaga kelas menengah

Terbilang cukup bagus akhirnya Google lewat tangan Xiaomi mampu membuat Android One yang menggiurkan. Disebabkan karena? Handphone Android ini sudah membawa chipset Snapdragon 625 octa-core dengan clockspeed 2 GHz.

Tidak hanya pilihan chipset yang bagus, Xiaomi dan Google mampu meracik handphone android  ini dengan RAM yang sangat besar, yaitu 4GB. Selain itu, Xiaomi membawa Mi A1 dengan memori internal yang berkapasitas sebesar 64GB.

Sudah tentu, dengan dukungan spesifikasi dalemannya yang ditanam, sebagian masyarakat masih tanya-tanya, apakah Android One itu  yang diinginkan oleh Google? Selain itu, Xiaomi Mi A1 masih menggunakan baterai yang mempunyai ruang sebesar 3.080 mAh.

Tidak Memakai MIUI

Begitu jelas! Xiaomi Mi A1 adalah Android One. Sangat beda dengan handphone android lain yang dibuat oleh Xiaomi, Xiaomi Mi A1 menggunakan sistem operasi MIUI. Sistem operasi yang ditanam benar-benar Android 7.1.2 buatan Google.

Sekarang, para pecinta handphone android Xiaomi tidak akan lagi mengeluarkan tampilan maupun fitur yang biasanya berjalan di MIUI. Xiaomi menjanjikan, akan ada pengiritan pemakaian RAM serta baterai dengan datangnya Android Nougat ke dalam handphone android ini.

Google tau apa yang terbagus bagi para Handphone Android. Untuk hal ini pengguna Xiaomi Mi A1 tidak akan mencicipi bloatware yang selama ini selalu ada di produk Xiaomi lain dan berbagai macam fitur gesture utama MIUI. Dapat dikatakan, ini adalah handphone android yang dibuat oleh Xiaomi dengan rasa Google.

Didukung Google

Apa yang kita tau semuanya, biasanya Xiaomi lebih mengutamakan update MIUI terlebih dahulu dibandingkan versi Android itu sendiri. Tetapi berbeda dengan Xiaomi MI A1 yang masuk sebagai Handphone Android One, yang diberi dukungan oleh Google secara sepenuhnya.

Dukungan Google yang paling mencolok adalah update sistem operasi Android yang paling kebut dan selalu didepan. Contohnya pada tahun 2017 ini Xiaomi Mi A1 sudah memperoleh upgrade Android 8.0 Oreo, Tetapi MIUI 9 yang baru bergulir masih berbasiskan Android Nougat.

Malahan Google berjanji secara penuh selama 2 tahun yang kemungkinan handphone android ini akan memperoleh update Android P dan Android Q lebih diutamakan dibandingkan Handphone Android Xiaomi yang lain.

Yang paling bagus lagi, Google memberi izin pengguna Xiaomi Mi A1 ini untuk melakukan upload foto dari Handphone Android ke Google Foto dengan kapasitas unlimited. Sudah pasti hal ini membuat kapasitas memori internal XiaomiMi A1 akan selalu besar.

Layar Full HD

Xiaomi Mi A1 memang dirancang sama serupa dengan Xiaomi Mi 5X. Apabila boleh menduga-duga, dapat jadi Xiaomi memang cinta dengan Xiaomi Mi 5X yang dibuatnya sendiri. Tetapi, apabila melihat lebih jauh, bentuk Xiaomi Mi A1 sendiri terbilang sama dengan OPPO R11, OnePlus 5, dan iPhone 7 Plus.

Xiaomi juga membawa Mi A1 dengan layar yang memiliki kelas tinggi. Layarnya mempunyai ukuran sebesar 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Untuk memproteksi dari goresan, layarnya sudah membawa Corning Gorilla Glass.

Xiaomi tidak lupa dengan masalah keamanan pada saat membuat Xiaomi Mi A1. Terbukti, Handphone Android ini sudah lengkap dengan sensor fingerprint. Sudah pasti, pengguna dapat lebih ngebut untuk buka kunci handphone android ini dengan cara menempelkan ujung sidik jari.

Harga Handphone Xiaomi Mi A1

Xiaomi turut menanam beberapa sesuatu yang dibutuhkan oleh pengguna handphone android sekarang ini, Diantaranya dua SIM Card dengan jaringan 4G, USB Type-C, IR Blaster, selain itu untuk masalah audio ada Direct HD Sound.

Xiaomi Mi A1 mempunyai bodi dengan balutan logam. Harga Handphone Xiaomi Mi A1 (Android One) yang dihadirkan Rp. 3 jutaan. Berita bagus untuk Mi Fans di Tanah Air, Android One buatan Xiaomi dan Google ini sudah pasti masuk pasar Indonesia pada bulan September 2017. Terima kasih...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cek Harga Handphone Xiaomi Mi A1 (Android One)

0 komentar:

Post a Comment