Monday, 22 January 2018

5 Cara Mengatasi Panas Di Handphone Android

CekHargaHandphone.com - Tidak kayak komputer, Handphone Android tidak mempunyai pendingin secara otomatis. Oleh sebab itu, ada banyak merek Handphone Android menggunakan pengaman berupa pengukur panas.

Cara Mengatasi Panas Di Handphone Android

Alat ini akan menonaktifkan beberapa fitur tertentu dalam handphone, seperti flash pada kamera pada saat Handphone Android mulai panas. Banyak pabrikan Handphone Android ada yang mengutamakan cara pendinginan yang pasif.

CekHargaHandphone akan meringkas 5 cara yang bisa kamu pakai untuk mengatasi panas di handphone android, dalam berbagai keadaan seperti dibawah ini :

5 Cara Mengatasi Panas Di Handphone Android

1. Baterai Kembung

Panas dikarenakan baterai kembung handphone android kembung atau gendut jarang terjadi, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Apabila timbul retakan pada bodi handphone android akibat baterai kembung, alangkah baiknya untuk menon-aktifkan handphone android.

Kamu jajal untuk tidak memakai atau mengisi daya handphone android. Apabila baterai semakin kembung, bawa handphone android ke pusat layanan (service centre) untuk meminta ganti baterai apabila mempunyai garansi. Buang baterai di pusat daur ulang resmi apabila baterai memang harus diganti.

2. Panas Pada Saat Charging

Handphone Android yang panas saat charging memang wajar. Tetapi apabila terlalu panas, kemungkinan ada masalah pada kabel casan. Apabila Handphone Android terlalu panas, cabut charger kemudian biarkan dingin beberapa saat. Lalu jajal isi daya kembali dengan charger resmi.

3. Panas saat terkena sinar matahari

Kebiasaan menaruh Handphone Android di bawah sinar matahari atau di dalam mobil dimana cahaya dapat menembus kaca, tidaklah baik. Apalagi handphone android yang terbuat dari material plastik atau logam bewarna hitam adalah penyerap panas.

Untuk mendinginkan handphone android yang panas akibat sinar matahari, segeralah non-aktifkan Handphone Android, kemudian letakkan di tempat yang sejuk. Jangan pernah membiarkan handphone android terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama, karena dapat menyebabkan handphone android mati dan tidak dapat dipakai kembali.

4. Panas akibat performa berat

Sesungguhnya wajar apabila handphone android mengalami panas sesudah bermain games, edit video. Efek yang terjadi biasanya daya baterai handphone android cepat abis. Apabila handphone android bekerja terlalu berat, performa akan lemot untuk mencegah overheating.

Keluaran handphone android terbaru biasanya mempunyai hardware lebih kuat dibanding sebelumnya. Artinya, aplikasi dan games yang tersedia membantu membutuhkan kekuatan lebih.

Sehingga, apabila aplikasi atau games masih dapat berjalan di handphone android lama yang biasanya lebih lemah, maka handphone android lama itu dapat jadi tidak cukup kuat untuk menjalankan aplikasi dalam waktu yang lebih lama, tanpa ada masalah ke depannya. Apabila demikian, alangkah baiknya melakukan upgrade sistem operasi (OS).

5. Panas sesudah update OS

Sesudah update OS, performa background processing biasanya akan meningkat. Contohnya, di iOS 10, Apple menambahkan penanda foto otomatis dengan teknologi pengenal wajah di Photo Apps. Kalau ada foto terbaru akan ditandai secara otomatis, akan tetapi apabila ada banyaknya foto terbaru? Prosesor akan bekerja sangat kuat untuk memindai foto-foto ini, sesudah beberapa hari OS di update.

Proses menandai foto-foto ini tentu saja menyedot kerja prosesor dan secara otomatis handphone android akan terasa panas. Sehingga panas akibat kerja prosesor yang berat dapat dibilang wajar. Tetapi, dapat dikatakan tidak wajar pada saat panas pada handphone android tidak turun-turun, dan sering terjadi seminggu. Itu harus membutuhkan penangan dari service centre untuk membetulkannya.

Kebanyakan sering terjadi, Handphone Android dapat panas dikarenakan performa CPU yang bekerja terlalu kuat. Tetapi, dapat panas itu disebabkan oleh baterai. Apabila kalian ragu, segeralah ke service centre merek resmi untuk membetulkannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Cara Mengatasi Panas Di Handphone Android

0 komentar:

Post a Comment